Beberapa hari ini saya dan tim IT kantor dipusingkan dengan keluhan pengguna akan akses internet di kantor, hal ini wajar aja mengingat semaking bertambahnya pengguna setiap harinya. Bagi Instansi yang memiliki dukungan finansial yg besar, mengatasi ini tentunya bukan hal yang sulit -tinggal hubungi provider untuk menambah bandwith-.
Tapi untuk institusi yang alokasi anggaran untuk ICT sangat terbatas,tentunya dibutuhkan kreatifitas berlebih. Untuk mendapatkan bandwith yang memadai, Saat ini kami menggunakan 4 line Speedy terdiri dari 2 paket eksekutif ( up to 2mbps) dan 2 paket familia ( up 1 mbps ). Jadi total bandwith yang bisa kami distribusikan adalah Up to 6 mb , untuk 700 lebih user :-). Salah satu alternatif untuk menambah bandwith dengan biaya murah adalah menambah satu buah line internet lagi.Setelah berselancar di internet dan diskusi dengan teman – teman, kami menemukan 1 provider yang cukup menjanjikan, yaitu smartfren dengan teknologi evdonya.
Walhasil mulailah kami bereksperimen untuk meload balancing smartfren evdo dengan speedy dalam satu router.Router. Masalah pertama yang harus kami pecahkan adalah tidak dikenalinya modem EVDO Huawei ec1261-2 pada routerboard 493g, kami memutuskan untuk mengupgrade OS Routerboard tersebut ke versi yang lebih lawas 5.11,…….dan berhasil ( yang berhasil upgradenya) , tapi sayang belum berhasil mengenali modem tersebut. Kami membutuhkan waktu 2 hari untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Dan ternyata yang menjadi masalah adalah tidak adanya dukungan power untuk port USB pada routerboard tersebut.Solusi dari admin di http://www.forum.mikrotik.com adalah dengan menambahkan power injektor usb 5 volt pada usb modem tersebut.Tapi ketersediaan barang tersebut di pasar sangat terbatas, dan butuh waktu untuk melakukan modifikasi.Alternatif yang lain adalah dengan mengganti Routerboard dengan Type yang lain yang memiliki dukungan power untuk port usb nya, atau menggunakan router 3g yang sudah kompatibel dengan usb modem tersebut, kemudian di debelakannya dipasang mikrotik rb 493g ?…………sampai tulisan ini dibuat , kami belum memutuskan salah satu alternatif pilihan tersebut…semoga di tulisan yang akan datang kami bisa ulas kelanjutannya ….

Static ip pada user manager error

Posted: Agustus 9, 2011 in Tak Berkategori

Setelah sekian lama mati suri …… akhirnya blog ini hidup kembali ..hehehehe…. realitasnya sih bukan blog yg mati suri tapi ide adminnya yang mati suri,,,tapi setelah sekian lama dan sekian banyak diceramahi oleh para motivator-motivator baik langsung maupun tidak langsung, akhirnya nulis lagi .
Ceritanya gini kawan……kurang lebih 4 hari yang lalu saya didatangi oleh salah seorang staff di kantor ,dengan wajah yg sedikit serem ( sebetulnya sih dibuat-buat karena orangnya kemayu) Pak ! printer di bagian saya kok ip nya berubah-ubah…..bukannya bapak sudah bikin statik di router ( seolah – olah ngerti apa itu router ), jadinya susah nih kalo mau sharing printer , mesti di ganti ip setiap hari ………… oh, iya pak ntar saya periksa dulu……………dan taukah kawan, saya benar2 panik dan bingung …karena semua referensi dan kesaktian sudah saya kerahka tetap gak bisa, mulai dari membuat statik ip di ip > dhcp server > dhcp leases juga membuat static ip di usermanager , tetap gak bisa………..malah saya sudah minta bantuan pada beberapa orang certified engineering mikrotik…..hasilnya tetap nihil…..so, akhirnya saya menyerah dan hanya bisa berdoa, selama beberapa hari ( padahal cuma diam doang )….akhirnya kawan keajaiban perlahan2 mulai menghampiri dan treeeeeennnnnnnnnnnnnngggggggggg…..hari ini dapat jawabannya …setelah dengan ikhlas mengutak-atik mikrotik kembali ……….ternyata kawan ……..ada dhcp server yang lain di router pada interface yg sama ( dulu digunakan u/ eksperimen ) cukup dengan disable dhcp virtual tersebut, selesai deh !

Revisi / 1 hari kemudian
Ups…….ternyata solusi diatas hanya bertahan 1 hari kawan, kemarin ketika online dirumah, iseng-iseng saya remote mikrotik di kantor, melalui VPN ( Apa itu VPN, bukan disini tempatnya menjelaskan kawan, diartikel lain mudah-mudahan sempat :-) )
Tadi sampai dimana ? Oh iya, mikrotik di kantor….dan tahukah kawan mata saya terbelalak melihat IP yang sudah sya yakini statik, kembali beruba, dan gak bisa ke ping ……. puih…berakhir deh euforia keberhasilanku kemarin….tapi untunglah kawan saya tidak ubahnya seperti einsten ( gak ada yg boleh keberatan, atau saya berhenti nulis nih ! ) dianugerahi rasa ingin tahu yang sangat ekstream…..setelah melalui beberapa kali eksperimen yang menurut orang lain “gagal”, akhirnya saya menemukan benang orangenya (sebetulnya benang biru, tapi karena saya suka warna orange jadi diubah aja :-) ), masalahnya itu karena sya mencoba membuat static ip pada dhcp leases dan userman dengan ip yang sama, padahal mikrotik hotspot sepertinya memang memestikan IP DHCP harus berbeda dengan IP HOTSPOT, dan IP yang sampai ke user adalah IP HOTSPOT, jadi caranya tinggal dibuat dinamic aja IP yang ada di DHCP server > DHCP Leases dan terenggggg………….IP static client sudah mendapatkan IP Static

Pekerja IT dan Penggiat Open Sorce Software

Cara Melihat Versi Linux

Posted: Maret 18, 2011 in Tak Berkategori

Cara Melihat Versi Linux
Bagi seorang admin freelancher yang menangani beberapa engine server yan berbasis linux, terkadang terlupa versi distro yang digunakan, untuk itu berikut Beberapa caranya :

root@monitor:~# cat /etc/issue

Biasanya perintah ini akan menampilkan nama Distro dan versinya.

ngoprek@ahmad:~$ cat /etc/*-release

Sama seperti perintah diatas, perintah ini juga akan menampilkan nama Distro dan versinya,

ngoprek@ahmad:~$ cat /proc/version

Biasanya perintah ini akan menampilkan informasi mengenai versi kernel. Cara yang hampir sama juga akan ditampilkan jika kita menggunakan perintah berikut :

ngoprek@ahmad:~$ dmesg | grep “Linux version”

Semoga bermanfaat dan..oh iya, hampir lupa. Untuk para slacker’s anda bisa menggunakan perintah berikut untuk melihat versi Slackware yang anda gunakan.

root@monitor:~# cat /etc/slackware-version

dikutip sebagian dari http://ahmad.web.id

mengatasi error configuration database drupal

Posted: Februari 1, 2011 in Tak Berkategori

Anda pengguna setia drupal yang ” berada dibawah garis kemiskinan ” :-) tidak punya pilihan lain untuk memiliki website selain memilih hosting gratisan dengan segala keterbatasannya.
Salah satu hosting gratisan yang paling tinggi ratingnya yaitu 000webhost.com. saya sendiri yg memiliki nasib seperti kawan2 cukup “puas” dengan layanannya (dibandingkan webhosting gratisan yg lain , jangan dibandingkan dengan hosting berbayar lah bang ! ).

Untuk dapat menikmati layanan tersebut kita tentunya harus memiliki domain dan tentunya website itu sendiri. Dan lagi – lagi kedua-duanya juga ada versi gratis ( maunya gratis mulu :-) ). untuk domain gratis juga banyak pilihan yang paling sering digunakan di http://www.co.cc , disini tidak dijelaskan cara menggunakan hosting tersebut, anda bisa merujuk ke artikel yang lain.

Setelah melalui tahapan – demi tahapan, maka sampaialah pada proses instalasi drupal, disini saya memilih drupal versi 6.2 ( versi terakhir dari 6.2). Pertanyaannya adalah, kenapa tidka memilih versi 7, ada beerapa alasan diantaranya :
- modul u/ versi 7 masih sangat terbatas, maklum baru di realease
- saya masih meragukan stabilitas sistemnya
- dll

download youtube on linux

Posted: Oktober 7, 2010 in Tak Berkategori

Sebagian besar dari kita terkadang sulit untuk mengunduh file video di youtube secara manual, di dunia linux sangat banyak alternativ untuk melakukan itu , salah satu yang paling sederhana adalah dengan menambahkan add on pada web browser dalam hal ini fire fox, nama add on itu adalah DOWNLOADHELPER, http://www.downloadhelper.net/ dan silahkan mengunduh sepuasnya :-)

Aplikasi Open Source Versi Windows

Posted: September 3, 2010 in Tak Berkategori

Migrasi sistem operasi secara ekstrim dari linux ke windows, bagi sebagian kalangan terkadang menjadi hal yang “dilematis” khususnya dibeberapa instansi -swasta maupun negeri- yang menggunakan aplikasi khusus yang didevelop dan didesain untuk berjalan hanya pada platform os prioperiety seperti windows. Sementara disisi lain para end user (pengguna akhir) komputer dituntut untuk sesegera mungkin beralih ke platform opensource ( mengingat diberlakukannuya undang-undang HAKI serta semakin gencarnya razia software bajakan, tidak hanya pada level operating system tapi sampai pada level aplikasi.

Kondisi diatas tidak mesti serta merta mengurungkan niat bagi newbi (pemula) untuk berkenalan dengan ribuan aplikasi opensource yang didevelop oleh ratusan programer diseluruh dunia.Lho…koq bisa ? Untuk mencicipi aplikasi tersebut bisa dimulai dengan menggunakan versi windowsnya, mengingat banyak aplikasi opensource yang bisa berjalan multi platform, beberapa aplikasi yang populer dan bernlai jutaan rupiah didunia linux bisa didonlot dan diinstalasi gratis pada sistem operasi windows.Beberapa diantaranya :

1. open office -persamaannya microsoft office > http://download.services.openoffice.org/files/stable/3.2.1/OOo_3.2.1_Win_x86_install-wJRE_en-US.exe

2. gimp – persamaannya photoshop > hhttp://biznetnetworks.dl.sourceforge.net/project/gimp-win/GIMP%20%2B%20GTK%2B%20%28stable%20release%29/GIMP%202.6.10%20%2B%20GTK%2B%202.16.6/gimp-2.6.10-i686-setup-1.exe

3. inkscape – persamaannya corel draw > http://biznetnetworks.dl.sourceforge.net/project/inkscape/inkscape/0.48/Inkscape-0.48.0-1.exe

4. scribus – persamaannya pagemaker > http://biznetnetworks.dl.sourceforge.net/project/scribus/scribus/1.3.3.14/scribus-1.3.3.14-win32-install.exe

Dan Lain-lain

Instalasi ebox pada ubuntu 10.4 (code name : Lucid BLynx )

Posted: Agustus 29, 2010 in Tak Berkategori

Instalasi ebox pada ubuntu 10.4 (code name : Lucid BLynx )

Bagi sebagian Administrator jaringan Ebox mungkin masih asing dibandingkan router box seperti mikrotik, pfsense, vyatta dll. Wajar aja karena ebox merupakan pemain baru di dunia Router.Kendati demikian fitur yang ditawarkan router ini sangat melimpah, melampaui pesaingnya yang lain, selain itu kemudahan dalam konfigurasinya yang berbasis web merupakan nilai tawar yang tinggi bagi pengguna.Hingga tulisan ini dimuat versi stabil ebox adalah 1.4 yang berbasis ubuntu 8.04, meski demikian tidak tertutup kemungkinan untuk menginstalasinya pada ubuntu 10.4.Kita hanya butuh mengupdate repositori dari ubuntu 10.04

Langsung aja :

1. Edit file source.list pada /etc/apt/source.list

2. Tambahkan >

deb http://ppa.launchpad.net/ebox/1.5/ubuntu lucid main

3. Ketik diterminal >

sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 342D17AC

4. Ketik sudo apt-get install, tunggu hingga selesai terupdate

5. Silahkan install paket yang anda butuhkan :
* ebox-office: ebox-samba, ebox-printers, ebox-egroupware, ebox-antivirus, ebox-ebackup, ebox-software, ebox-monitor
* ebox-communication: ebox-mail, ebox-jabber, ebox-asterisk, ebox-mailfilter, ebox-antivirus, ebox-ebackup, ebox-software, ebox-monitor
* ebox-security: ebox-firewall, ebox-ids, ebox-squid, ebox-openvpn, ebox-mailfilter, ebox-antivirus, ebox-ebackup, ebox-software, ebox-monitor
* ebox-gateway: ebox-network, ebox-squid, ebox-firewall, ebox-trafficshaping, ebox-l7-protocols, ebox-ebackup, ebox-software, ebox-monitor
* ebox-infrastructure: ebox-network, ebox-dhcp, ebox-dns, ebox-openvpn, ebox-webserver, ebox-ntp, ebox-ebackup, ebox-software, ebox-monitor

Linux Berwajah 7

Posted: Agustus 24, 2010 in Tak Berkategori

Melakukan sosialisasi alias memperkenalkan linux kepada masyarakat tidak hanya butuh skill yang mumpuni, tapi kemampuan mempersuasi kadang melampaui semua itu. “Kesan pertama begitu indah selanjutnya terserah anda”, ungkapan ini mungkin terlalu jadul, tapi ini adalah fakta yang tidak bisa di abaikan oleh para “misionaris linux”, karena kesan pertama ini akan sangat menentukan k Keberhasilan proses-proses selanjutnya. Kuatnya dominasi Win…. selama ini merupakan fakta yang tidak terbantahkan di penjuru dunia ini, kita tidak berada pada posisi u/ menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan itu. Disini kita hanya berusaha melakukan sedikit rekayasa interfaces, guna mengakrabkan calon pengguna dengan linux

Puuh….hampir gila q mikirin server yg down

error > (20014) Internal error: Error retrieving pid file logs/httpd

Tapi akhirnya dapat juga solusinya …thax boanget for > bro Reborg from Irlandia atas supportnya (…..Just delete the old pid file, it would be unusual (but not unheard of) for Apache not to be started as root so that it can bind to port 80..) .U emang hackers sakti bro..ckckckckck…ckck…Klo ada waktu jalan-jalan ke indonesia/makassar bro, q traktir coto makassar ampe kembung :-)

sejarah warnet

Posted: Agustus 2, 2010 in Misclenous

Warung Internet (WARNET)

Mungkin tidak jelas siapa penyelenggara WARNET pertama kali di Indonesia. Tampaknya aktifitas pembuatan WARNET mulai sekitar tahun 1996-1998. Wasantara dari PT. POS Indonesia dan POINTER yang merupakan spin-off dari CNRG ITG merupakan segelintir pionir WARNET di Indonesia. POINTER bahkan sempat berexperimen dengan VW Combi untuk WARNET keliling.

Istilah WARNET

Warung Internet adalah sebuah kata yang berkembang diantara para aktifis Internet Indonesia di tahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang memiliki banyak komputer untuk di sewakan bagi pengakses Internet. Pada masa itu, secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari Warung Interne antara WARIN dan WARNET. Seharusnya jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti WARTEG (Warung Tegal) dan WARTEL (Warung Telekomunikasi), maka yang seharusnya di pilih adalah WARIN.

Karena Internet, .NET, menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan Internet, maka kebanyakan rekan-rekan di masa itu lebih memilih istilah WARNET daripada WARIN. Oleh karena itu tidak heran hingga saat ini WARNET diadopsi oleh masyarakat Indonesia.

Mailing List asosiasi-warnet@yahoogroups.com

Awalnya, semua aktifitas dilakukan di mailing list asosiasi-warnet@itb.ac.id di server ITB. Dengan pertimbangan bandwidth ITB yang terbatas ke Internet, pada tanggal 14 April 2000, diskusi rekan-rekan WARNET pindah ke asosiasi-warnet@egroups.com yang kemudian menjadi asosiasi-warnet@yahoogroups.com.

Asosiasi WARNET Indonesia

Pada tanggal 25 Mei 2000 merupakan hari bersejarah bagi rekan-rekan w:WARNET – karena telah lahir Asosiasi Warnet Indonesia yang ada secara fisik dalam pertemuan di kantor w:DIKMENJUR. Dalam sebuah rapat untuk melihat kemungkinan kerjasama antara rekan-rekan WARNET dengan SMK, yang di pimpin oleh DR. Gatot HP Direktur Menengah Kejuruan DIKNAS pada saat itu. Asosiasi WARNET Indonesia kemudian di kenal sebagai AWARI.

Ketua Asosiasi Warnet pertama adalah rekan Rudy Rusdiah, Bendahara rekan Adlinsyah dan Sekretaris Abdullah Koro. Tampaknya aktifias ketua AWARI waktu itu dirasakan tidak terlalu transparan kepada teman-teman WARNET. Di akhir 2001, di lakukan pertemuan rekan-rekan aktifis WARNET yang berakhir dengan di gantinya pengurus lama dengan presidium AWARI yang dipimpin oleh Judith MS, Michael Sunggiardi dan Abdullah Koro.

Dikutip dari : http://id.wikibooks.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia/WARNET