Static ip pada user manager error

Posted: Agustus 9, 2011 in Tak Berkategori

Setelah sekian lama mati suri …… akhirnya blog ini hidup kembali ..hehehehe…. realitasnya sih bukan blog yg mati suri tapi ide adminnya yang mati suri,,,tapi setelah sekian lama dan sekian banyak diceramahi oleh para motivator-motivator baik langsung maupun tidak langsung, akhirnya nulis lagi .
Ceritanya gini kawan……kurang lebih 4 hari yang lalu saya didatangi oleh salah seorang staff di kantor ,dengan wajah yg sedikit serem ( sebetulnya sih dibuat-buat karena orangnya kemayu) Pak ! printer di bagian saya kok ip nya berubah-ubah…..bukannya bapak sudah bikin statik di router ( seolah – olah ngerti apa itu router ), jadinya susah nih kalo mau sharing printer , mesti di ganti ip setiap hari ………… oh, iya pak ntar saya periksa dulu……………dan taukah kawan, saya benar2 panik dan bingung …karena semua referensi dan kesaktian sudah saya kerahka tetap gak bisa, mulai dari membuat statik ip di ip > dhcp server > dhcp leases juga membuat static ip di usermanager , tetap gak bisa………..malah saya sudah minta bantuan pada beberapa orang certified engineering mikrotik…..hasilnya tetap nihil…..so, akhirnya saya menyerah dan hanya bisa berdoa, selama beberapa hari ( padahal cuma diam doang )….akhirnya kawan keajaiban perlahan2 mulai menghampiri dan treeeeeennnnnnnnnnnnnngggggggggg…..hari ini dapat jawabannya …setelah dengan ikhlas mengutak-atik mikrotik kembali ……….ternyata kawan ……..ada dhcp server yang lain di router pada interface yg sama ( dulu digunakan u/ eksperimen ) cukup dengan disable dhcp virtual tersebut, selesai deh !

Revisi / 1 hari kemudian
Ups…….ternyata solusi diatas hanya bertahan 1 hari kawan, kemarin ketika online dirumah, iseng-iseng saya remote mikrotik di kantor, melalui VPN ( Apa itu VPN, bukan disini tempatnya menjelaskan kawan, diartikel lain mudah-mudahan sempat🙂 )
Tadi sampai dimana ? Oh iya, mikrotik di kantor….dan tahukah kawan mata saya terbelalak melihat IP yang sudah sya yakini statik, kembali beruba, dan gak bisa ke ping ……. puih…berakhir deh euforia keberhasilanku kemarin….tapi untunglah kawan saya tidak ubahnya seperti einsten ( gak ada yg boleh keberatan, atau saya berhenti nulis nih ! ) dianugerahi rasa ingin tahu yang sangat ekstream…..setelah melalui beberapa kali eksperimen yang menurut orang lain “gagal”, akhirnya saya menemukan benang orangenya (sebetulnya benang biru, tapi karena saya suka warna orange jadi diubah aja🙂 ), masalahnya itu karena sya mencoba membuat static ip pada dhcp leases dan userman dengan ip yang sama, padahal mikrotik hotspot sepertinya memang memestikan IP DHCP harus berbeda dengan IP HOTSPOT, dan IP yang sampai ke user adalah IP HOTSPOT, jadi caranya tinggal dibuat dinamic aja IP yang ada di DHCP server > DHCP Leases dan terenggggg………….IP static client sudah mendapatkan IP Static

Pekerja IT dan Penggiat Open Sorce Software

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s