Konfigurasi Modem EVDO Huawei ec1261 – 2 pada Mikrotik Rb 493g ( Bagian 1 )

Posted: Desember 16, 2011 in Tak Berkategori

Beberapa hari ini saya dan tim IT kantor dipusingkan dengan keluhan pengguna akan akses internet di kantor, hal ini wajar aja mengingat semaking bertambahnya pengguna setiap harinya. Bagi Instansi yang memiliki dukungan finansial yg besar, mengatasi ini tentunya bukan hal yang sulit -tinggal hubungi provider untuk menambah bandwith-.
Tapi untuk institusi yang alokasi anggaran untuk ICT sangat terbatas,tentunya dibutuhkan kreatifitas berlebih. Untuk mendapatkan bandwith yang memadai, Saat ini kami menggunakan 4 line Speedy terdiri dari 2 paket eksekutif ( up to 2mbps) dan 2 paket familia ( up 1 mbps ). Jadi total bandwith yang bisa kami distribusikan adalah Up to 6 mb , untuk 700 lebih user🙂. Salah satu alternatif untuk menambah bandwith dengan biaya murah adalah menambah satu buah line internet lagi.Setelah berselancar di internet dan diskusi dengan teman – teman, kami menemukan 1 provider yang cukup menjanjikan, yaitu smartfren dengan teknologi evdonya.
Walhasil mulailah kami bereksperimen untuk meload balancing smartfren evdo dengan speedy dalam satu router.Router. Masalah pertama yang harus kami pecahkan adalah tidak dikenalinya modem EVDO Huawei ec1261-2 pada routerboard 493g, kami memutuskan untuk mengupgrade OS Routerboard tersebut ke versi yang lebih lawas 5.11,…….dan berhasil ( yang berhasil upgradenya) , tapi sayang belum berhasil mengenali modem tersebut. Kami membutuhkan waktu 2 hari untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Dan ternyata yang menjadi masalah adalah tidak adanya dukungan power untuk port USB pada routerboard tersebut.Solusi dari admin di http://www.forum.mikrotik.com adalah dengan menambahkan power injektor usb 5 volt pada usb modem tersebut.Tapi ketersediaan barang tersebut di pasar sangat terbatas, dan butuh waktu untuk melakukan modifikasi.Alternatif yang lain adalah dengan mengganti Routerboard dengan Type yang lain yang memiliki dukungan power untuk port usb nya, atau menggunakan router 3g yang sudah kompatibel dengan usb modem tersebut, kemudian di debelakannya dipasang mikrotik rb 493g ?…………sampai tulisan ini dibuat , kami belum memutuskan salah satu alternatif pilihan tersebut…semoga di tulisan yang akan datang kami bisa ulas kelanjutannya ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s